Operasi Keselamatan Krakatau-2024: Meningkatkan Disiplin dan Keselamatan Berlalu Lintas

Lampung Selatan – Dalam upaya menciptakan ketertiban lalu lintas dan meningkatkan keselamatan berlalu lintas menjelang Idul Fitri 1445 H tahun 2024, Polda Lampung menggelar Operasi Keselamatan Krakatau-2024, apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Mako Polda Lampung, Sabtu, 2/3/2024. Apel dipimpin oleh Waka Polda Lampung, Brigjen Pol. Ahmad Ramadhan.

Sebanyak 745 personil, terdiri dari Satgas Ops Polda dan Satgas Ops Polres/ta jajaran, dikerahkan untuk menjalankan operasi ini.

Waka Polda Lampung, Brigjen Ahmad Ramadhan, menjelaskan bahwa operasi ini bertujuan untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, dengan harapan dapat mengurangi angka fatalitas korban laka lantas dan pelanggaran lalu lintas.

“Kami ingin membangun budaya tertib lalu lintas bagi masyarakat pengguna jalan demi menciptakan situasi kamseltibcarlantas yang kondusif,” ujarnya.

Cara Bertindak yang dilakukan oleh Polda Lampung dalam Ops. Keselamatan 2024 yaitu dengan melaksanakan deteksi dini, lidik, dan pemetaan terhadap lokasi/rawan macet, pelanggaran, dan laka lantas.

Selain itu dilakukan juga binluh kepada masyarakat tentang kamseltibcarlantas melalui kegiatan sosialisasi, penyuluhan, pemasangan spanduk, banner, baliho, serta penyebaran leaflet dan stiker melalui media cetak, elektronik, dan media sosial.

Waka Polda menegaskan, petugas akan selalu melakukan patroli rutin di titik-titik rawan.

“Petugas dari masing-masing Polres ataupun Polresta akan selalu melakukan patroli dan penjagaan pada lokasi rawan macet, laka, dan pelanggaran lalu lintas” tegasnya.

Selain itu penegakan hukum juga masih agak diterapkan dalam Operasi keselamatan ini, yaitu rilang elektronik (ETLE Statis dan Mobile) serta blangko teguran secara simpatik terhadap masyarakat yang melakukan pelanggaran lalu lintas, dengan 5 prioritas pelanggaran.

Sebanyak 745 personil Yang terlibat dalam Ops Keselamatan Krakatau-2024, terdiri dari Satgas Ops Polda (141 Personil) dan Satgas Ops Polres/ta jajaran (604 Personil).

Waka Polda Lampung menambahkan, pola Operasi yang terapkan dalam Ops. Keselamatan tahun 2024 yaitu dengan lebih mengedepankan kegiatan preemtif dan Preventif.

“Preemtif 40%, preventif 40%, dan gakkum 20% secara elektronik (ETLE Statis dan Mobile serta teguran), operasi ini diharapkan dapat menciptakan keselamatan berlalu lintas secara maksimal” ungkap Waka Polda.

Tema yang diambil dalam Operasi Keselamatan tahun 2024 yaitu “Keselamatan Berlalu Lintas Guna Terwujudnya Indonesia Maju”.

Dalam apel ini juga di hadiri oleh stake holder terkait antara lain TNI, Dinas Perhubungan, Sat Pol PP dan lain- lain.

Operasi Keselamatan Krakatau-2024 ini menjadi wujud komitmen Polda Lampung dalam menciptakan keselamatan berlalu lintas sebagai bagian dari upaya mewujudkan Indonesia maju.